Skip to content

1o Kiat Belajar Smart

10 Oktober 2008

10 KIAT BELAJAR SMART

MAU BELAJAR LEBIH EFEKTIF ?

BACA TIPS-TIPS BERIKUT

1. BELAJAR NGGA CUMA MENGHAPAL TAPI HARUS MEMAHAMI

Meski kita hapal semua pelajaran, yang lebih penting kamu paham ngga ama pelajarannya? So, sebelum mengahapal kamu harus memahami garis besar materi pelajarannya dulu.

2. BACA ADALAH KUNCINYA

Biar bener-bener paham, baca materinya 2 x sehari sebelum and sesudah Guru menerangkan. Di jamin kamu tidak lupa sama materinya pelajarannya.

3. CATAT POKOK-POKOK PELAJARANNYA

Hal sepele tapi penting banget. Buat kesimpulannya atau catat hal-hal penting dari pelajaran yang udah diterangkan.

4. HAPALKAN KATA-KATA KUNCINYA

Tiap hari kamu harus menghapal materi pelajaran yang bertumpuk. Biar gampang ingatnya, buat kata kunci dari setiap hapalan. Contohnya MEJIKUHIBINIU( Merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu)

5. PILIH WAKTU BELAJAR YANG PAS

Biar belajarnya enak, badan kamu harus fit. Katanya sih, pagi hari adalah moment yang pas buat berkonsentrasi alias belajar. Bukannya kalo bangun tidur badan jadi lebih segar

6. BUAT SUSANA BELAJAR YANG ASYIK

Banyak hal yang buat suasana belajar jadi asyik. Mungkin sambil mendengarkan musik atau cari tempat yang nyaman, bukan harus dikamar.

7. BUAT KELOMPOK BELAJAR

Kalo bosen belajar sendiri, ajak teman-temanmu belajar bareng. Tidak usah banyak-banyak, lima orang cukup. Dijamin suasan belajar jadi lebih seru.

8. PRACTICE MAKE PERFECT

Biasanya kalo bab pelajaran habis, kamu dikasih soal-soal latihan. Ngga usah nunggu diperintah, langsung hajar aja! Kerjakan soal-soalnya biar bisa ngukur kemampuanmu. Kalo ada yang ngga ngerti tanya ke Guru kamu.

9. KEMBANGKAN MATERI YANG UDAH DIPELAJARI

Kalo udah ngulang materi dan mengerjakan soal latihan. Jangan langsung santai. Kamu harus lebih kritis dan buat pertanyaan yang tidak ada disoal, latihan. Minta tolong Guru kamu untuk menjawabnya.

10. BELAJAR JUGA PERLU ISTIRAHAT

Belajar boleh kenceng, tapi badan juga perlu istirahat, jangan lupa kalo lagi belajar sempatkan buat istirhat, melemaskan badan dan pikiran. Kalo pikiran udah suntuk percuma memaksakan diri, asal jangan kebalasan. (SUMBER PRIMAGAMA)

Diketik ulang oleh Ronaldo Rozalino

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: