Skip to content

Mari, Tumbuhkan Minat Baca

10 Oktober 2008

Mari, Tumbuhkan Minat Baca

Minat baca dikalangan pelajar makin merosot karena tidak ada keharusan memmbaca buku. Wakil Presiden M. Jusuf Kalla menekankan perlunya ada kewajiban membaca buku bagi siswa dan guru ditingkat sekolah agar membaca menjadi kebiasaan yang baik untuk mereka.

Jangan harap anak sekolah mempunyai hobi membaca. Dia harus dibiasakan membaca . Kebiasaan membaca sampai mahasiswa saat ini banyak hilang karena selama berpuluh-puluh tahun kita tidak diharuskan membaca, kata Wapres Jusuf Kalla saat membuka seminar nasional ” Sosialisasi Pengembangan Minat Baca dan Pembinaan Perpustakaan” di Jakarta Kamis ( 12/7 ).

Menurut Kalla, kebiasaan membaca di kalangan pelajar akan tumbuh bila ada kewajiban membaca terhadap mereka. Sementara sekarang ini banyak tantangan yang harus dihadapi dalam upaya meningkatkan minat baca. Tantangan itu berupa tayangan Televisi da permainan ketangkasan elektronik ( game ) . ”Jangan bicara minat”. Anak SMP dan SMA minatnya bermain, bukan membaca. Minat baca itu timbul karena kebiasaan dan kebiasaan tumbuh karena ada aturan yang diharuskan, ” kata Kalla.

Selain mewajibkan membaca kepada siswa-siswanya , Wapres menyarankan agar sekolah mewajibkan guru-guru membaca buku agar kualitas guru juga meningkat. ”Guru jangan hanya menuntut anggaran pendidikan 20 persen, meski itu penting. Tapi, guru juga perlu membaca buku . Kalau kita demo mengapa guru tidak membaca dengan betul,” tegasnya.

Untuk meningkatkan minat membaca dikalangan pelajar,Wapres menyarankan agar sekolah umum meniru pondok pesantren yang mewajbkan santrinya membca ’itab kuning’ . Dengan diwajibkan membaca kitab, para santri akan melaksankan kewajiban membaca, meski dia harus melawa kantuk. Kewajiban ini dilaksanakan dengan baik karena ada perintah dari ustadnya , sementra ustad diwajibkan kiainya.” Kitab kuning wajib diwajb dibaca oleh orang pesantren, sehingga mereka rajin membaca. ( Sumber Kabar,Diknas )

By.RR

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: