Skip to content

Maulid Nabi SAW di SMA Pintar (Pribadi Rasul)

14 Maret 2009

 
IMG_0180

Teluk Kuantan, Pukul 9.30 WIB, 13/03/2009 Civitas SMA Pintar mengadakan kegiatan keagamaan dalam rangka memperingati hari Maulid   Nabi Muhammad SAW. Kegiatan ini ditaja OSIS SMA Pintar. Sebagai Master Ceremoni (MC) Maulid Nabi SAW saat itu  Miki Randi (X2) dan Wilda Septi Pratiwi (X1).

IMG_0182

Diawali pembacaan ayat suci Al-Quran oleh siswa; Ramadani Indah (X2), Yardi Sidratil Mardatilah (XI IPA3), Rina Sri Wahyuni (XI IPA3). Agar kegiatan diberkahi dan dirahmati oleh Allah SWT.

 IMG_0188

Selanjutnya dibuka oleh Kepala SMA Pintar Kuantan Singingi; H. Zulhefis S.Pd, mengungkapkan peringatan Maulid Nabi SAW ini agar dapat diambil sisi positif kta semua, khususnya Siswa-Siswi SMA Pintar. Karna dalam memperingati kelahiran dan pribadi Nabi Muhammad SAW  ada suri tauladan yang perlu dicontoh dan tiru. Semoga kegiatan ini dapat diambil hikmahn dan manfaatnya. Amin

IMG_0200 

Setelah pembukaan oleh H. Zulhefis S.Pd, selajutnya adanya penampilan dari seni musik islami;Kolaborasi Rabano dengan gitar yang dimainkan siswa-siswi SMA Pintar. Penampilan yang menarik dan menghibur sebelum masuk sesi inti  yaitu kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW yaitu ceramah (Tausiyah) yang didatangkan dari Teluk Kuantan, Ustazah Devita Anggaraini S.Ag (Guru MAN Teluk Kuantan).

IMG_0214

Bila ditanya bagaimana pribadi Rasulullah SAW, bilal menjawab alam adalah yang bisa menjawabya. Karena ada pepatah Alam takambang menjadi guru. Ditanyalah Aisyah; istri Rasulullah SAW bagaimana keprbadian Rasulullah SAW, menjawablah Aisyah; pribadi Rasulullah SAW adalah Alqur’an. Selain istri, sahabat yang di tanyakan bagaimana pribadi Rasul. Musuh rasul pun tidak luput dari pertnyaan itu, bagaimana kelemahan Rasul, menjawablah musuh rasul tidak ada kelemahan yang terlihat bagi musuh saya ungkap musuh Rasul.

Secara garis besar ada beberapa Pribadi Rasul yang patut dicontoh dan tiru diantaranya:

1. Jujur,  Rasul sangat memegang teguh kejujuran. Dari kecil hingga dewasa, Rasul sangat bisa dipercaya oleh sahabat dan rekan bisnisnya. Sehingga mendapat gelar Al-Amin yaitu Orang yang terpecaya. Sebagai siswa kita harus memegang prinsip kejujuran karna membuat hati tenang. Siswa yang sering berdusta hatinya tidak akan menjadi tenang dan gundah.

2.Pemaaf, selain jujur pribadi yang perlu dicontoh adalah pemaaf yang membuat musuh-musuhnya masuk Islam dikala Rasul ingin dibunuh namun niat tersebut gagal berkat pertolongan Allah SWT, Rasul menolongnya dengan kasih sayang, sehingga musuhnya sebagian masuk ke akidah Islam.  Di dalam penelitian dokter di India yaitu bahwa orang yang suka memaafkan atau tidak pemarah akan mengurangi resiko penyakit jantung ini terbukti oleh sebagian pasien yang terkena penyakit jantung di India. Islam adalah agama yang sehat karena itu seorang orientalis barat; Wiliam dalam penelitianya mengenai Islam. Bahwa Islam agama yang sehat, sehingga menjadikan dirinya masuk Islam. Subhanallah. Islam memang agama yang luar biasa. Bahkan dalam buku yang beredar luas seperti gerakan sholat adalah olahraga yang bisa menyehatkan jiwa raga manusia.

3. Rendah Hati, kepribadian yang dimiliki Rasul seperti rendah hati membuat Rasul tidak pernah merasakan sakit yang luar biasa kecuali sakit menjelang wafatnya. Rendah hati adalah pribadi yang sangat disukai banyak orang. Lawan rendah hati adalah sombong seperti setan. Sesungguhnya sombong pakaian Allah SWT.

Semoga kita semua diberkahi Allah SWT dan bisa menjadikan pribadi Rasulullah SAW dalam kehidupan sehari-hari yang membuat diri ini bahagia dunia akhirat. Amin. Ditutup dengan doa oleh Al Ustad Suhelmon S.Pd.I.,MA.

Ya Allah Ya Rahman Ya Rahim, berikanlah kebaikan dunia akhirat dan keberkahan Civitas SMA Pintar ini dalam menjalankan roda pendidikan di Kuantan Singingi Riau. Amin.

 

 

 

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: