Skip to content

Jadikan Al-Qur’an Sebagai Sumber Ilmu Pengetahuan

16 September 2009

Peringatan Nuzulul Qur’an di mesjid raya di kota Teluk Kuantan

Nuzulul Qur'an 15 09 2009 di Mesjid Raya Teluk Kuantan2

Pembacaan Ayat Suci Al Qur’an oleh Masrizal

Nuzulul Qur'an 15 09 2009 di Mesjid Raya Teluk Kuantan

Nuzulul Qur'an 15 09 2009 di Mesjid Raya Teluk Kuantan1

Nuzulul Qur'an 15 09 2009 di Mesjid Raya Teluk Kuantan4

Ceramah Agama oleh Al Ustad Drs. Syafwan dari Sumatra Barat Padang di Mesjid Raya Kota Teluk Kuantan

IMG_4776

Nuzulul Qur'an 15 09 2009 di Mesjid Raya Teluk Kuantan3

Jamaah Mesjid Raya Kota Teluk Kuantan dalam acara Nuzulul Qur’an di Mesjid Raya Kota Teluk Kuantan.

IMG_4796

Sambutan Agusmandar S.Sos.M.Si Camat Kuantan Tengah dalam acara peringatan Nuzulul Qur’an

Seputar Nuzulul Qur’an di Mesjid Raya Kota Teluk Kuantan

Teluk Kuantan, Selasa (15/09/2009) mesjid raya kota Teluk Kuantan mengadakan peringatan Nuzulul Qur’an. Acara ini laksanakan setelah sholat berjamaah isya, tarawih dan witir. Penceramah yang sengaja didatangkan dari Sumatra Barat; Padang yaitu Al Ustad Drs. H Syafwan mengusung judul Jadikan Alqur’an sebagai sumber ilmu pengetahuan.

Acara ini dihadiri oleh Camat Kuantan Tengah: Agusmandar S.Sos.,Msi, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta masyarakat sekitar kota Teluk Kuantan. Diawali dengan pembacaan Al Qur’an oleh masrizal yang memberikan ketenagan jiwa dan keteduhan hati sebelum dilanjutkan ceramah agama oleh Ustad H. Drs. H. Syafwan.

Beberapa hal penting kenapa Al Qur’an tidak menjadi penerang hidup orang banyak saat ini, seperti banyak yang telah membaca Al Qur’an namun tidak bisa memberikan perilaku yang baik, banyak yang telah menamatkan beberapa kali Al Quran namun seolah-olah Al Quran tidak bisa membuat membuat umat manusia keluar dari kegelapan.

Dan kenapa Al Qur’an tidak bisa mengubah umat manusia menjadi orang yang terbaik bagi dirinya? beberapa hal yang perlu kita garis bawahi Penyebabnya Al Quran tidak dijadikan sebagai sumber pengetahuan.,sedangkan Al Qur’an berisi dari syariah-syariah.

Bila ini sering terjadi akan ada yang menjadi kelompok pelanggaran Al Quran dan kelompok penindas sesama umat. Terbukti korupsi terbesar saat ini terjadi dibeberapa instasi pemerintahan yang merugikan umat sehingga membuat umat kerugian materi.

Al Qur an adalah sumber pengetahuan seperti halnya perintah puasa dibulan ramadhan. Untuk apa kita berpuasa? untuk apa kita membaca Al Qur’an dan apa saja yang membatalkan puasa. Semuanya sudah ada didalam Al Quran seperti hal-hal yang tidak diwajibkan puasa diantaranya anak-anak, orang yang sedang sakit, orang gila, wanita yang sedang haid, dan musafir.

Bila dengan sengaja puasa dibatalkan, tidak akan bisa menggantinya bila kita puasa seumur hidup. Begitu pentingnya arti puasa.

Ada suatu kisah pada zaman Rasulullah SAW. bertanyalah Ya Rasulullah anak saya saat ini sedang sakit bila anak saya sehat nantinya. Saya berjanji, saya akan menjilat kotoran anjing. Namun setelah anaknya sehat seorang itu tidak sanggup melaksanakan hajatnya. Namun Rasulullah mencarikan penggantinya dengan memerintahkan seseorang itu mencari orang yang satu rumah yang tidak mengerjakan perintah agama yaitu sholat. Lalu sesorang itu diperintahkan oleh Rasulullah untuk meminum air cucuran dari atap yang berasal dari hujan. Begitu pentingnya dan wajibnya sholat dan sudah ada terdapat didalam Al Quran.

Berkaitan dengan hal yang dikemukakan, mari kita berusaha merubah diri kearah yang lebih baik, dengan adanya momen Nuzulul Quran ini perubahan manusia dimulai dengan memperketat pengawasan diri dari salah dan dosa, memperketat diri dengan berdosanya orang lain terhadap perbuatan kita, memperketat diri dengan menjaga harga diri. tutur H. Syafwan

Di Akhir selesai ceramah agama, menurut Agusmandar S.Sos.Msi bahwa ilmu pengetahuan agama sangat penting bagi anak-anak sekarang ini terbukti bagi anak SD yang ingin melanjutkan ke jenjang SLTP harus memiliki ijazah MDA. Pentingnya ilmu Agama harus diterapkan sejak dini dan kewajiban orang tua untuk membimbingnya, agar kelak menjadi generasi muda yang mencintai Al Quran serta menjadi keluarga Qur’ani.

Ya Allah semoga dibulan yang penuh rahmat dan ampunan Engkau memberikan rahmat terhadap kami, Ya Allah jadikannlah Al Quran sebagai sumber pengetahuan kami. Sehingga kami banyak tahu dengan kedahsyatan firman Mu. Amin. Semoga Bermanfaat.

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: