Skip to content

Melestarikan Nilai Ramadhan

19 September 2009

islami

Bulan yang penuh rahmat dan ampunan adalan bulan ramdahan. Dalam bulan ramadhan banyak hal-hal positif yang bisa kita lanjutkan dalam kehidupan sehari-hari. Bulan ramadhan adalah bulan yang baik dari 11 bulan yang lain. Oleh karena itu mari kita lestarikan nilai-nilai ramadhan yang telah kita jalani.

5 nilai ramdhan yang perlu kita lestarikan setelah bulan ramdhan berlalu:

1. Tidak gampang berbuat dosa. Pada bulan ramadhan kita berusaha untuk membersihkan diri dari hal-hal yang tidak baik. Bulan ramdhan juga sebagai bulan pembakaran dosa bagi yang menjalaninya setalah mencapai kemenangan. Ibarat pohon jangan hanya menebangngya saja yang akan kembalui subur berkembang namun kita harus membakarnya agar tidak tumbuh dan berkembang .

2. Hati-hati dalam bersikap dan bertindak. Bila selama ini perbuatan dan tindakan kita tidak sesuai dengan syariat yang ditentukan Allah SWT, sebaiknya ditinggalkan, karena sikap dan tindakan serta hati kita akan dipertanggungjwabakan di akhirat nantinya.

3. Bersikap Jujur. Ibadah yang sangat menjunnjung kejujuran adalah puasa. Karena perbuatannya memang langsung dinilai kebenarannya atau kebohongannya oleh Allah SWT.

4. Memiliki Semangat Berjamaah. Setiap ibadah atau kegiatan keseharian pada bulan ramadhan sangat terasa bila dilaksanakan berjamaah. Seperti sholat 5 waktu, sholat tarawih, sholat witir hingga berbuka bersama. Ini akan sangat berperan penting dalam kehidupan bermasyarakat, seperi menjalin silaturahim sesama umat muslim. Selama ini kita hanya disibukan dengan kegiatan yang mencari-cari kehidupan dunia saja sehingga terkadang kita melewati masa kebersamaan bersama keluarga terdekat.

5. Melakukan Pengendalian Diri. Nilai inilah yang sangat penting dalam kehidupan selanjutnya. Selama bulan ramadhan segala hal-hal bersifta hawa nafsu, bisa dikendalikan karena pada bulan ramadhan segalanya bisa dikendalikan dengan baik. Namun setelah bulan ramadhan hawa nafsu septerti makan dan minuman yang berlebihan menjadikan diri kita lupa diri, seperti ajang pembalasan atau balas dendam karena selama bulan ramadhan selera makan dikontrol dengan teratur. Padahal manfaat puasa sangat banyak sekali seperti megurasi kadar kolestrol dan menghilangkan toksin-toksin dalam tubuh.

Semoga nilai-nilai ramadhan yang selama ini kita jalani dapat kita lestarikan dibulan yang lain dan amalan-amalan ibadah dibulan ramadhan dapat diterima Allah SWT. AMIN.

Semoga Bermanfaat

Kepada segenap pembaca dan pengunjung setia
Web http://www.ronaldorozalino.com
kartu ucapan selamat hari raya idul fitri
Keluarga Besar Ronaldo Rozalino

www.ronaldorozalino.com

mengucapkan:

Minal Aidin Wal Faidzin

Mohon Maaf Lahir Batin

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1430 H

Mudah-mudahan seluruh amal ibadah yang kita jalankan selama bulan suci Ramadan mendapat berkah dan ridho-Nya. Amin

Sumber: www.ronaldorozalino.com

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: