Skip to content

Riau Segera Rekrut 7.795 CPNS

25 September 2009

Laporan Mashuri Kurniawan dan RPG, Pekanbaru
Pemerintah pusat memberikan alokasi formasi rekruitmen tenaga Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2009 di untuk Provinsi Riau sebanyak 7.795 orang. Jumlah formasi ini untuk seluruh kabupaten/kota di Riau termasuk Kabupaten Kepulaun Meranti sebanyak 506 orang.

Jumlah tersebut akan diisi oleh tiga kategori yakni honorer, sekretaris desa (Sekdes) dan pelamar umum. Rinciannya,untuk Pemprov Riau kuota penerimaan CPNS 631 orang. Dari jumlah tersebut, 208 kursi untuk pelamar CPNS, sisanya 433 jatah honorer.
Kabupaten Bengkalis 700 orang, Rokan Hilir 690 orang, Rokan Hulu 654 orang, Kampar 650 orang, Pelalawan 634 orang, Siak 616 orang, Indragiri Hulu 612 orang. Kemudian Kabupaten Indragiri Hilir kuota CPNS-nya 591 orang, Kota Dumai 532 orang, Kuantan Singingi 524 dan Kota Pekanbaru hanya 455 orang. Saat ini Pemprov Riau menunggu kesiapan dari masing-masing daerah sebelum proses seleksi dibuka dan disampaikan ke khalayak ramai.
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau, Zaini Ismail menjelaskan, dalam penerimaan CPNS tahun 2009 ini diprioritaskan untuk tenaga honor dan sekretaris desa. Namun begitu, untuk penerimaan tenaga CPNS umum juga dilaksanakan. “Belum ada pengaturan dan informasi jadwal dari masing-masing daerah mengenai kesiapan mereka. Jadi belum bisa dilaksanakan dengan cepat. Mungkin saja kita umumkan penerimaannya sebelum Hari Raya Idul Fitri,’’ ungkapnya kepada Riau Pos, Kamis (3/9).
Zaini Ismail menjelaskan, pihaknya sudah mengajukan kepada Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau Wan Syamsir Yus mengenai kuota penerimaan CPNS tahun 2009 ini. Dari sinyal Sekdaprov, sambungnya, pengumuman rekruitmen dilaksanakan dengan cepat. “Kita tunggu sajalah ya kesiapan masing-masing daerah,’’ ujarnya.
Meranti Terima 506 CPNS
Di bagian lain, kabupaten paling termuda di provinsi Riau, Kabupaten Kepulauan Meranti juga mendapat kuota dari pemerintah pusat untuk menerima sebanyak 506 CPNS. Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti Drs H Rosfian MM saat ditemui RPG, Kamis (3/9), ini dilakukan guna menunjang dan mengisi kekuarangan tenaga pegawai di daerah ini. Diakuinya selama tiga bulan ini diseluruh SKPD yang ada masih belum memiliki pegawai yang lengkap, khusunya un tuk tim medis maupun tenaga guru.
“Alhamdulillah, dari usulan yang kita sampaikan ke pemerintah pusat melalui BKN disambut positif, untuk kali pertamanya kita diberikan jatah sebanyak 506 orang dan jumlah ini memang tidak termasuk dalam jumlah CPNS Provinsi Riau yang informasinya sebanyak 7.289 orang,’’ kata Rosfian. Formasi yang akan diisi nantinya adalah tenaga guru 215 orang, tenaga teknis 191 orang dan tenaga medis 100 orang. Menurut Rosfian, jumlah ini memang masih jauh kekurangannya, mengingat di lima kecamatan dalam wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti sudah banyak terdapat kekuarangan guru mulai dari tingkat SD hingga SLTA.(ari/rpg/fia)

Sumber:http://www.riaupos.com/berita.php?act=full&id=1753&kat=7

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: