Skip to content

Apakah Saat Ini Guru Pahlawan Tanpa Tanda Jasa?

25 Januari 2010

Lambang PGRI

Terpujilah wahai engkau ibu bapak guru
Namamu akan selalu hidup dalam sanubariku
Semua baktimu akan kuukir di dalam hatiku
Sebagai prasasti terima kasihku
Tuk pengabdianmu

Engkau sabagai pelita dalam kegelapan
Engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan
Engkau patriot pahlawan pembangun insan cendekia

Guru, salah satu “profesi pendidik” generasi muda. Saat ini peranan seorang guru mungkin sedikit bergeser maknanya seiring dengan perkembangan jaman, makna “pahlawan tanpa tanda jasa” juga bergeser pada masa kini meskipun di beberapa tempat masih tersisa semangat dan perjuangan guru dalam rangka mencerdaskan bangsa. Setahun jugalah lirik lagu Hymne Guru ciptaan Sartono ini berubah untuk memajukan mutu para pendidik ke arah profesionalitas karena yang dibutuhkan sekarang selain pengabdian juga profesionalisme.

Berangkat dari kalimat Profesionalisme saya mencoba untuk berbicara dengan rasa tulus. Kenapa? Sesuatu yang dikerjaakan dengan Niat dan Ketulusan akan kembali kepada pemiliknya dengan kebaikan itu pula.

Sesuatu hal telah terjadi hari ini, 26 Januari 2010. Penuntut ilmu (siswa) telah memberikan arti dan makna hidup ini yang sebenarnya. Dengan niat yang tulus dan rasa kebersamaan mencoba untuk mengungkapkan inteletualitasnya dengan jalan yang menurut saya, perlu mendapat suatu apresiasi.

Tak ada niat sedikitpun untuk membuat kalimat-kalimat yang mengandung “luka”, tak ada niat untuk membuat mereka (siswa) untuk memberikan kepiluan. Namun saya berusaha untuk mencoba memberikan pemikiran yang terdalam, bahwa bila kehidupan hanya mementingkan idealisme, ini yang perlu disadari!!!

Yang menjadi pertanyaan saya saat ini dan mohon jawabanya dengan hati yang tulus!!!

– Apakah saat ini Guru Pahlawan Tanpa Tanda Jasa?

– Apakah tugas guru hanya sebagai pengajar?

– Apakah Tugas guru hanya menuangkan ilmu dalam kelas lalu selesai sudah hubungan emosional antara guru dan siswa?

– Dan Apakah guru saat ini hanya berkutat dengan buku dan buku kepada siswanya?

Semoga sahabat pembaca bisa mencoba dan sama-sama berfikir, sejak SD, SLTP, SLTA, PT Misalnya. apakah guru Anda mengajak untuk kreatif? (Menghasilkan sesuatu), Apakah guru Anda mengajak Anda untuk Aktif dalam segala bidang?Apakah guru Anda mengajak Anda untuk befikir dan berbuat Inovatif?

Bila jawabannya tidak menurut sahabat! Selamat dan sukses, Anda akan sukses menjalani persaingan global dengan penuh semangat tanpa merasa canggung dan kurang percaya diri, karena Anda telah diperlakukan oleh guru Anda agar bisa bersaing dikemudian hari.Kenapa saya yakin dan percaya dengan berkata seperti ini!!! Namun jawaban sahabat iya, perlu perenungan yang matang!

Saya tidak bisa melihat bagaimana hasil yang Anda terima, namun saya hanya yakin proses dan proses yang menentukan dengan mengandalkan jiwa keaktifan kreatif serta inovatifnya. Tentunya dengan tidak melupakan kewajiban sebagai umat Nya seperti ibadah yang baik dan berkualitas yang harus dikerjakan,Sholat!!!

Terakhir saya berpesan untuk saya sendiri dan juga kepada penuntut ilmu (siswa) serta sahabat dimanapun berada, selagi diri ini, Anda, Sahabat bisa menjaga hati seorang, jagalah dengan penuh kasih sayang dan solidaritas yang baik. Karena hati tempatnya bersarang kebaikan dan kejelekan manusia. Ingat Hadist Rasulullah SAW “Dalam tubuh manusia ada segumpal daging, yaitu hati, bila baik, maka baiklah amalan kebajikan, bila hati buruk maka buruklah hati perbuatannya”.

“Kaya Hati Lebih Baik Dari Pada Kaya Harta”

Sebuah Refleksi Kehidupan Seorang Guru Yang Hanya Bisa Berkarya dan Berkarya!!!

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: