Skip to content

Praktek Fardhu Kifayah Penyelenggaraan Jenazah di SMAN Pintar Kuansing

4 Maret 2010

Praktek Fardhu Kifayah Penyelenggaraan Jenazah di SMAN Pintar Kuansing2

Praktek Fardhu Kifayah Penyelenggaraan Jenazah di SMAN Pintar Kuansing3

Praktek Fardhu Kifayah Penyelenggaraan Jenazah di SMAN Pintar Kuansing4

Praktek Fardhu Kifayah Penyelenggaraan Jenazah di SMAN Pintar Kuansing

Praktek Fardhu Kifayah Penyelenggaraan Jenazah di SMAN Pintar Kuansing6

Praktek Fardhu Kifayah Penyelenggaraan Jenazah di SMAN Pintar Kuansing7

Praktek Fardhu Kifayah Penyelenggaraan Jenazah di SMAN Pintar Kuansing8

Praktek Fardhu Kifayah Penyelenggaraan Jenazah di SMAN Pintar Kuansing

Praktek Fardhu Kifayah Penyelenggaraan Jenazah di SMAN Pintar Kuansing9

Praktek Fardhu Kifayah Penyelenggaraan Jenazah di SMAN Pintar Kuansing10

Praktek Fardhu Kifayah Penyelenggaraan Jenazah di SMAN Pintar Kuansing11

Praktek Fardhu Kifayah Penyelenggaraan Jenazah di SMAN Pintar Kuansing13

Klik Gambar Untuk memperbesar

Prosesi Praktek Fardhu Kifayah Penyelenggaraan Jenazah di SMAN Pintar Kuansing

Praktek Fardhu Kifayah Penyelenggaraan Jenazah di SMAN Pintar Kuansing. Sebagai umat muslim, adalah sebuah fardhu kifayah dalam melaksanakan penyelenggaraan jenazah. Bahkan bisa menjadi sesuatu hal yang wajib jika tidak ada lagi keluarga atau kerabat terdekat yang menyelenggarakan jenazah. Karena jika tidak ada seorang pun yang menyelenggarakan jenazah tersebut, maka dosa lah bagi semua orang yang masih diberi kesempatan hidup oleh Allah SWT. Sehingga sudah seharusnya kita, umat muslim mengetahui dan mempelajari tentang penyelenggaraan jenazah, dimulai dari takziah di rumag keluarga yang berduka, dilanjut dengan memandikan jenazah, mengkafani, menyolatkan, dan menguburkan jenazah. Karena kita tidak pernah tahu kapan hal ini akan terjadi pada keluarga bahkan diri kita sendiri. Untuk itu, sebagai salah satu sekolah unguulan di Kabupaten Kuantan Singingi, SMAN Pintar mengadakan suatu rangkaian kegiatan simulasi penyelanggaraan jenazah pada Sabtu, 27 Februari 2010. Acara yang ditaja oleh kelas XI SMAN Pintar, serta guru pembimbing Ustd. Suhelmon, S.PdI, M.A selaku guru Pendidikan Agama Islam di SMAN Pintar berlangsung sangat khidmat dan dibalut suasana yang mengharukan.

Kegiatan simulasi penyelenggaraan jenazah ini, adalah salah satu agenda rutin SMAN Pintar yang merupakan sebuah praktek dan pengaplikasian dari pembelajaran PAI pada Chapter Penyelenggaraan Jenazah. Kegiatan ini, Selain bertujuan untuk memberikan memberikan pengetahuan kepada siswa/i SMAN Pintar khususnya kelas XI, selain itu juga memberi pelajaran, hikmah, maupun peringatan untuk kita yang masih diberi kesempatan menikmati kehidupan oleh Allah SWT agar kita selalu mengingat kematian yang pasti akan datang menghampiri setiap makhluk yang bernyawa, serta untuk mempersiapkan mental dan skill dalam penyelenggaraan dan bias diaplikasikan saat dibutuhkan ketika di masyarakat atau bahkan dalam keluarga kita sendiri.

Sungguh suatu kegiatan yang sangat bermanfaat dan membuat terharu orang-orang yang menyaksikan acara ini secara langsung. Karena selain acara ini dilaksanakan sebagaimana penyelenggaraan jenazah sesungguhnya dan menggunakan peralatan-peralatan yang sesungguhnya seperti kain kafan, air kapur barus, air sabun, air bersih untuk memandikan jenazah, dan juga menggunakan keranda yang biasa digunakan untuk menghantarkan jenazah ke liang lahat, dan di tambah lagi dengan alunan lagu dan musik yang mengingatkan kita akan kematian dan dosa membuat acara ini begitu mengharukan dan membuat suasana di sekitar menjadi khidmat dan tenang.

Seperti yang disampaikan oleh Ustd. Suhelmon, S.PdI, M.A pada akhir kegiatan, beliau juga mengajak kita semua untuk selalu mengingat kematian yang akan datang menghampiri kita dan orang-orang yang kita cintai. Serta agar kita selalu berada dalam jalan kebenaran. Karena dengan itu kita akan selamat. Sehingga kita juga bias tenang pada saat orang mengusung jasad kita menuju liang lahat.

Semoga kegiatan ini bias memberikan pelajaran yang berharga bagi kita semua khususnya untuk seluruh civitas akademika SMAN Pintar Kabupaten Kuantan Singingi dan kita bisa mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Laporan Wilda Septi Pratiwi Siswa Kelas XI IPA SMAN Pintar Kuansing.

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: