Skip to content

8 Tanda Sekolah Siap Mengaplikasikan Kecerdasan Majemuk

13 Mei 2010

  • Kemampuan dan kecerdasan individual tiap anak di kelas anda di carikan solusi kegiatan apa yang kira-kira cocok dalam kegiatan pembelajaran
  • Siswa merasa aman dan nyaman berekspresi dengan kecerdasan mereka sendiri.
  • Terdapat pendekatan yang seimbang dalam mengakomodir seni rupa, tari, dan musik yang dimasukkan ke dalam kegiatan belajar dan mengajar bidang mata pelajaran pokok seperti sain, ilmu sosial, matematika, dan bahasa.
  • Kurikulum di sekolah dan lembaga sekolah anda anda mengakui dan memberikan ruang bagi untuk pengembangan kecerdasan yang berbeda
  • Kecerdasan yang berbeda mendorong penilaian yang otentik di kelas anda
  • Prestasi dan pencapaian yang dihasilkan oleh tipe kecerdasan yang berbeda dianggap memiliki tingkat posisi yang sama oleh sekolah dan komunitas sekolah
  • Siswa memahami proses belajar mereka sendiri dan kecerdasan yang berbeda-beda diantara teman dan diri mereka sendiri
  • Kelas di sekolah anda menggunakan sumber daya dari luar seperti pembicara tamu dan lain sebagainya

Silahkan anda membaca kecerdasan apa saja yang dikatakan oleh Howard Gardner pada situs ini. Tulisan ini akan memberikan kelengkapan agar anda lebih mantap dalam mengajar siswa dengan berbagai macam kecerdasan.

1. Kecerdasan Bahasa (Verbal)

Ciri-ciri kecerdasan ini :

  • bisa berfikir secara sistematis,
  • senang berdebat dan berargumentasi, membaca,, mendengar, menulis,
  • mampu mengeja dengan mudah
  • mengingat dengan detail dari sebuah hal
  • suka permainan kata misalnya teka teki silang dan lain-lain
  • percaya diri saat berbicara di muka publik.

Kegiatan belajar dan penugasan yang cocok untuk tipe kecerdasan ini :

  • meminta siswa bercerita, mengeja.
  • adakan forum debat dan diskusi.
  • bermain permainan ingatan tentang nama dan tempat.
  • membaca dan menulis cerita, menulis resensi buku atau membuat kliping
  • permainan teka-teki, atau yang permainan yang berhubungan dengan kosa kata
  • minta siswa mewawancarai seseorang mengenai suatu topik
  • minta siswa membuat pajangan kelas atau majalah kelas,

2. Kecerdasan tipe Matematis (Logis)

Ciri-ciri kecerdasan ini :

  • berpikir secara abstrak
  • menyukai kegiatan berhitung
  • bekerja dengan cermat dan menyukai ketepatan dalm melakukan sesuatu
  • memiliki catatan yang teratur
  • berfikir dengan logis
  • senang pelajaran komputer
  • pemecah masalah yang baik

Kegiatan belajar dan penugasan yang cocok untuk tipe kecerdasan ini :

  • perbanyak tugas yang melibatkan kemampuan memecahkan masalah
  • tugas akhir topik dilakukan dengan komputer
  • minta siswa mengkategorikan fakta dan informasi serta menemukan pola dan hubungan-hubunga
  • kenalkan pada siswa tahap -tahap dalam pengerjaan tugas.

3. Kecerdasan Visual (Spasial)

Ciri-ciri kecerdasan ini :

  • senang menggambar dan melukis
  • baik dalam membaca peta dan diagram
  • senang permainan puzzles atau jigsaw
  • berpikir sambil berimajinasi
  • mudah mengingat berdasar gambar

Kegiatan belajar dan penugasan yang cocok untuk tipe kecerdasan ini :

  • upayakan untuk menggunakan banyak gambar, peta pikiran, diagram, peta coretan dan simbol, saat belajar
  • integrasikan pembelajaran seni dan computer pada pelajaran lain
  • jadikan kelas anda semenarik mungkin dengan banyak pajangan

4. Kecerdasan Musikal (Ritmik)

Ciri-ciri kecerdasan ini :

  • sensitif terhadap nada, irama, kekuatan-emosi music, komposisi dan warna nada
  • relegius.

Kegiatan belajar dan penugasan yang cocok untuk tipe kecerdasan ini :

  • menggunakan alat music atau bernyanyi bersama
  • gunakan lagu sebagai alat bantu menjelaskan konsep yang sulit
  • membuat nada dering, lagu melalui telepon genggam atau kompter

5. Kecerdasan Kinestetis (tubuh)

Ciri-ciri kecerdasan ini :

  • siswa mempunyai kontrol tubuh, respon dan refleks yang baik
  • suka membuat prakarya atau pekerjaan tangan
  • tidak bisa diam

Kegiatan belajar dan penugasan yang cocok untuk tipe kecerdasan ini :

  • sedapat mungkin kegiatan pembelajaran banyak melibatkan anggota tubuh
  • gunakan gerakan atau ajak siswa memperagakan sesuatu sebagai alat bantu menjelaskan konsep yang sulit (dramatisasi)

6. Kecerdasan Interpersonal

Ciri-ciri kecerdasan ini :

  • pintar bernegosiasi, berhubungan, membaca pikiran dan maksud hati orang lain
  • suka berteman, dan melakukan kegiatan bersama
  • bisa menjadi mediator dalm perselisihan antar teman
  • dapat menyesuaikan dengan keadaan

Kegiatan belajar dan penugasan yang cocok untuk tipe kecerdasan ini :

  • melakukan kegiatan belajar berkelompok
  • waktu istirahat yang efektif dan fleksibel agar mereka bisa bersosialisasi
  • perbanyak kegiatan yang berhubungan dan berkomunikasi antar pribadi

7. Kecerdasan Intrapersonal

Ciri-ciri kecerdasan ini :

  • sudah punya motivasi diri, nilai diri, tujuan hidup,
  • sudah menyadari kemampuannya, kekuatan dan kelemahan sendiri

Kegiatan belajar dan penugasan yang cocok untuk tipe kecerdasan ini :

  • banyak melakukan diskusi yang mendalam dan tanya jawab
  • setiap selesai mengerjakan tugas minta siswa melakukan refleksi dalam hati. Siswa bisa menuliskan apa yang dialami dan rasakan selama proses pembelajaran berlangsung.

Source:gurukreatif, gurukuansing

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: