Skip to content

Ide Menumbuhkan Kecintaan Anak Pada Musik

21 Mei 2010

Banyak orang tua yang mengirim anak-anaknya Kursus Musik, vokal, dan balet untuk memperluas wawasan musikal. Tapi bagaimana menumbuhkan kecintaan pada musik bagi anak-anak di bawah usia sekolah ?

Saluran TV untuk anak-anak preschool ternama di Inggris, Nick Jr, telah bergabung dengan lembaga pengembangan psikologi musik di Universitas Keele, Dr.Alexandra Lamont, untuk memberikan tips-tips bagi orang tua yang menginginkan anak-anak mereka dibawah usia lima tahun, memiliki minat musik (kursus musik) yang besar.

1. Berbagilah dengan anak selera musik kesukaan anda . Berbagi pengalaman musikal dan antusiasme dengan anak anda bisa dilakukan dengan cara memperdengarkan mereka musik kesukaan anda (kursus musik). Anda bisa sekaligus bercerita cerita soal musik kesukaan anda itu, dimana pertama kali anda mendengarnya, dan mengapa anda menyukainya.

Jangan langsung patah semangat bila anak anda tampak tak berminat. Coba terus ulangi musik (kursus musik) yang masih belum familiar itu beberapa kali, dan mereka akan menikmatinya nanti.

2. Gunakan musik dari aktivitas rutin mereka. Cermati rutinitas anak anda di luar rumah, misal di tempat penitipan anak, ketika bersama nenek kakeknya, dan libatkan mereka dalam aktivitas bersama (kursus musik).

Banyak anak yang memiliki pengalaman terbaik dengan musik saat mereka diasuh, mendengarkan jenis musik berbeda atau ikut menyanyikan lagu bersama. Bisa juga dengan menyanyikan lagu yang sama dalam perjalanan dengan mobil atau memutarkan musik serupa di rumah (kursus musik). Anak kecil menyukai sesuatu yang ***lang-ulang.

3. Cermati selera musik mereka. Perhatikan bila mereka menyampaikan opini mereka soal musik, lihat bagaimana mereka merespon nada-nada yang berbeda di dalam maupun di luar rumah, dan berbagilah situasi ini dengan mereka (kursus musik).

4. Cobalah memperdengarkan berbagai jenis musik yang berbeda, hingga anda menemukan musik apa yang paling menarik perhatian anak anda. Ini bisa berarti anak anda menghentikan kegiatan mereka ketika mendengar musik yang mereka suka, atau turut bernyanyi.

5. Beraktivitas fisik dengan musik. Menikmati musik berarti menjadi aktif. Putarkan beberapa permainan musik (kursus musik) yang melibatkan tepuk tangan, menari, bergoyang dan mengganti aksi anda ketika musik berganti mood atau kecepatan.

Intinya buatlah aktivitas pengenalan musik (kursus musik) ini menjadi sesuatu yang fun dan menyenangkan bagi anak anda.kosmo.vivanews.com

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: