Skip to content

Trik Sukses Menyelenggarakan Acara Musik

21 Mei 2010

Langkah-langkah awal untuk mengadakan sebuah pertunjukan musik:

1. Tentukan tema acara,

Cari tema yang tidak membosankan ” kalau bisa merupakan ide baru, atau paling tidak merupakan ide lama yang dikemas secara lebih baik.

2. Cari sumber daya manusia yang qualified,

Mengumpulkan teman yang mau berpartisipasi mengadakan sebuah pertunjukan tidaklah sulit— yang sulit adalah membuat mereka bekerja dengan efektif. Efektif disini artinya kontribusi mereka optimal, sesuai dengan job description dari masing-masing personal, tidak tumpang tindih dan tidak sekedar menjadi penggembira. Misalnya tim yang mengoperasikan sound sistem, pencahayaan dan alat musik. Setelah tim terbentuk, buat time schedule. Lalu tentukan tugas masing-masing personal. Pembagian tugas harus jelas. Produksi, promosi, marketing, sampai penyelenggaraan acara, dan after party show bila ada. Semua harus berjalan baik sesuai dengan time schedule yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Acara musik bukan hanya sekedar musik organ atau organ tunggal tentunya.

3. Survei venue, sound system, dan talent,

Sebuah acara akan berhasil apabila didukung oleh tepat penyelenggaraan dan performer (band) yang tepat. Tidak harus selalu tempat yang mentereng, tidak harus selalu band yang mahal. Cukup yang sesuai dengan tema acara. Sound system juga adalah hal yang perlu diperhitungkan, karena sejago apa pun suatu band jika tidak didukung sound system yang baik akan terdengar berantakan. Tidak masalah jika melakukan sewa sound system yang penting memiliki kualitas. Satu catatan lagi adalah jangan terlalu banyak band kita mendengarkan satu kaset ***lang-ulang sampe 10 kali.

4. Media relations

Jangan mimpi bakal mendapatkan banyak sponsor kalau media yang mendukung acara cuma sedikit, apalagi kalo tidak ada. Sekarang udah banyak TV swasta, radio swasta, majalah, bahkan webzine yang mau mendukung sebuah acara yang dikemas dengan baik. Tugas seorang promoter yang baik adalah merepresent acara ke media-media ini untuk dipublikasikan seluas mungkin. cth magazine, jasa sewa sound sistem dan lingkungan sekitar.

5. Buat proposal

Setelah sepakat dengan pihak venue, talent, sewa alat musikdan mendapatkan dukungan media, buat proposal yang mencantumkan ketiganya. Hal yang paling penting adalah, cari sesuatu yang bisa membuat sponsor lebih tertarik untuk berpartisipasi. Misalnya penempatan logo atau jingle iklan di screen projector, atau yang lainnya(pencahayaan). Semakin banyak kelebihan yang ditawarkan semakin baik, asal jangan sampai mengganggu estetika pertunjukan.

http://musikku.ubik.net

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: