Skip to content

SMAN Pintar Ambil Bagian Lestarikan Kesenian dan Budaya Tradisional

1 Agustus 2011

Disaat seperti Sekarang ini indonesia telah mengalami suatu kemunduran pada salah satu sektor yang sangat teramat penting , yakni mulai punahnya satu persatu kesenian tardisonal kita. Melihat kondisi ini tentu kita tidak bisa hanya diam, maka dari itu pemerintah memberikan suatu respon terhadap situasi ini. PPAP (Persatuan pemuda Antar Provinsi) adalah suatu persatuan yang didirikan pemerintah untuk mengatasi masalah krisis kesenian dan budaya, Pemerintah menantang seleruh para pemuda Indonesia dari berbagai provinsi untuk ambil andil dalam mengemban tugas berat ini.    “ melestarikan kesenian serta kebudayaan tradisional indonesia” ialah salah satu  misi misi dari persatuan yang didirikan pemerintah tersebut. Masing-masing provinsi memiliki Anggota serta kader-kadernya, yang mana anggota dan kader-kader tersebut akan disebar keseluruh indonesia, dan akan berbagi kesenian dan budaya masing- masing di daerah lain. Dengan demikian kesenian dan kebudayaan tradisional indonesia akan tetap terjaga.

Pada tanggal 4 juni 2011 tepatnya pada hari sabtu, taem PPAP sebanyak 24 orang dalam rangka mewujudkan misi PPAP tersebut, mereka mengunjungi provinsi Riau , kabupaten kuantan singingi untuk memenuhi kegiatan pertukaran pemuda. Team yang di ketuai oleh Paulus Sorongan ini berasal dari tiga privinsi yakninya provinsi bali, sulawesi utara, dan sulawesi tangah.

Untuk mendukung misi melestarikan kebudayaan serta kesenian tradisional bangsa kita, team ini memiliki beberapa rangkaian program kerja yang begitu padat, dan salah satu program uggalan mereka ialah mensosialisasikan tarian daerah masing masing kepada pemuda di kabupaten kuantan singingi. Untuk mewujudkan program unggulan ini team PPAP menunjuk SMA N Pintar untuk bekerja sama, demi terlaksananya program tersebut, mereka percaya bahwa siswa-siswi SMA N Pintar mampu menjadi partner yang baik bagi mereka. Pada tanggal 20 juni 2011 team PPAP beserta civitas SMA N Pintar mulai merealisasikan kerjasamanya. kegiatan yang dilakukan oleh dua belah pihak berjalan dengan baik. Hingga pada akhirnya team PPAP berhasil menularkan kemampuan seni tari yang mereka miliki  kepada civitas SMA N Pintar, dan tidak hanya itu meraka juga berhasil mempelajari kesenian dan kebudayaan tradisonal Provinsi riau  , khususnya kesenian dan kebudayaan kabupaten kuantan singingi sendiri, salah satunya Tari Somba Carano (tari persembahan Kuantan singingi). Dan sebagai buah dari keberhasilan kerjasama mereka , maka team PPAP akan mengadakan pementasan bersama dengan SMA N Pintar dalam acara perpisahan mereka dihadapan masyarakat Kuantan singingi pada tanggal 14 juli 2011. By: Yudha Syadeki, Tria Marta.

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: